Penerbit Spring

Resensi Novel To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han

Agustus 31, 2017


Judul Buku : To all the Boys I’ve Loved Before
Penulis : Jenny Han
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penyunting : Selsa Chintya
Proofreader : Yuli Yono
Ilustrasi Isi : @teguhra
Diterbitkan  oleh Penerbit Spring
Cetakan pertama , April 2015
Tebal : 380 hlm ; 20 cm
ISBN : 978-602-71505-1-5
Rate 4 / 5 Bintang



Sinopsis

LARA JEAN

MENYIMPAN SURAT – SURAT CINTANYA DI SEBUAH KOTAK TOPI PEMBERIAN IBUNYA.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang di tunjukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai --  totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkana semua perasaannya. Ia menulis seolah – olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendirinya.
Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan---entah oleh siapa.
Saat itu juga kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali,. Kekacauan itu melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis disurat cintanya---termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren disekolah.

Ulasan :

Mengusung Premis yang di gandrungi anak remaja novel ini sukses bikin aku kembali ke masa-masa Sekolah Menengah Atas, dimana akupun sangat sering menulis surat-surat untuk cowok-cowok yang aku suka, bedanya, aku tidak seberani Lara Jean, yang menuliskan alamatnya diatas amplop. Aku hanya menulisnya, lalu menyimpannya.

Karakter tokoh pun secara keseluruhan aku suka, Lara Jean yang ceria dan sedikit implusif, Kitty yang tidak mau kalah dengan sang kaka ; Lara Jean. Dan Margot sebagai kaka tertua yang mampu menjadi karakter yang hangat dan perduli. Sang Ayah yang juga sekaligus menjadi Ibu bagi anak-anak Song. Hanya ada satu katakter yang membuat aku sebal dan gemas yaitu Kenny -- cinta pertama Lara Jean -- yang tidak ambil pusing dengan surat yang tidak sengaja terkirim itu. Berbeda dengan John dan Peter. 


Cara penulis menuturkan cerita dengan sangat baik, gaya bercerita yang asik dan menarik membuat aku terus terhanyut kedalam cerita. Banyak tanda baca titik dan koma pada kalimat, sehingga, kalimat yang kita baca pendek-pendek. Dan sebagai pembaca, terutama aku, sangat menyukai gaya bercerita penulis. Sehingga karakter ceria yang dibangun untuk tokoh pertama ; Lara Jean, Berhasil.

Selain kisah cinta yang unik dan menarik, buku ini menceritakan kisah antar keluarga dan persahabatan, kisah antara keluarga Song, yang ditinggal ibu mereka. Tentang Margot, kakak tertua Lara Jean yang meninggalkan Lara Jean dan Kitty untuk meneruskan kuliah di Skotlandia. Dan Lara Jean yang harus berusaha sebaik mungkin untuk menggantikan Margot dirumah. Persahabatan yang dimulai dengan banyak konflik.

Cara penulis mengemas cerita yang sederhana dengan sangat apik membuat aku ngga bisa lepas dari novel ini dan benar-benar terikat dengan cerita. Dan tokoh cowok dalam cerita ini Josh dan Peter Kavinsky. Bagaiman tidak. Lelaki itu –Peter Kavinsky-- seperti memiliki dua kepribadian yang tidak bisa di tebak, kadang bisa sangat manis, dan terkadang bisa sangat menyebalkan.

Buku ini, sukses bikin aku ketawa, senyum-senyum sendiri dan galau disaat yang bersamaan. Penulis bahkan sukses membuat aku penasaran setengah mati dengan kelanjutan cerita di dalam buku.
Saking menikmatinya, aku bahkan tidak menemukan cacat dalam cerita. Hanya saja, ada satu hal yang mengganggu dari terjemahannya yaitu kata “Cowo” dan "Cewe” , tapi, itu bisa aku maklumi karena buku ini memang bergenre Young Adult, yang pembacanya mendominasi remaja-remaja 15-18 tahun.

***

Kabar gembiara untuk para penikmat novel ini, bahwa cerita Lara Jean ini akan diangkat ke layar lebar, dan sekarang masih dalam proses penggarapan, dan ekpektasiku sangat besar terhadap filmnya, tentu, karena novelnya cukup bagus, jadi film-pun harus bagus.

Rate yang aku berikan untuk buku ini adalah 4 dari 5 Bintang.

***

Clue
Buat teman-teman silakan simak clue yang ada di blogku ya, karena akan ada Giveaway di akun Fanpage Facebook PenerbitSpring diakhir Blog Tour.


“ Siapa cinta pertama dan untuk siapa Surat Cinta yang , pertama kali, ditulis oleh Lara Jean ?

You Might Also Like

0 komentar

SUBCRIBE ME



Pengikut